Tips membuat desain kalender dengan grafis untuk promosi

Kalender sering digunakan banyak institusi dan perusahaan sebagai bagian untuk promosi. Apalagi kalender juga menjadi komponen petunjuk waktu yang sangat ideal dalam waktu yang cukup lama. Meskipun saat ini sudah ada kalender digital yang terintegrasi dengan smartphone dan perangkat lainnya, namun kalender konvensional juga masih dibutuhkan. Hal ini yang membuat banyak desainer grafis mencoba memanfaatkan momen itu untuk membuat kalender dengan tampilan yang menarik dan berbeda dari biasanya. Para desainer akan mencoba untuk membuat grafis dari setiap bagian kalender terlihat unik dengan memasukkan gambar pendukung pada setiap halaman. Tentu saja kamu juga bisa mencoba untuk membuat kalender. Ada beberapa tips membuat desain kalender yang dianggap cukup mudah diterapkan.

tips membuat desain kalender

8 tips membuat desain kalender yang ideal

Tipe kalender juga ada beberapa pilihan. Misalnya saja dengan membuat kalender tipe bulanan, dua bulanan, tiga bulanan hingga tahunan. Semakin sedikit tipe penanggalan yang ditampilkan tentu saja akan membuat jumlah kertas yang digunakan semakin banyak. Peluang seperti ini biasanya dimanfaatkan oleh para desainer untuk menampilkan gambar di setiap halaman. Kalender yang digunakan untuk promosi akan menampilkan banyak desain produk atau berbagai gambar dari institusi tertentu. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kalender yang berisi grafis untuk promosi produk. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan tips membuat desain kalender dengan desain grafis unik untuk promosi, seperti:

  1. Mulai membuat konsep yang ideal

Tips membuat desain kalender dimulai dengan membuat konsep yang ideal. Konsep dari pembuatan kalender ini tentu saja dengan menentukan detail grafis yang akan digunakan, tampilan seluruh penanggalan hingga tipe kalender yang akan diterapkan. Cobalah untuk tidak menggunakan konsep yang terlalu berlebihan. Biasanya cara seperti ini disesuaikan dengan detail kertas dan seluruh grafis untuk promosi. Detail produk atau institusi yang akan dipromosikan juga akan mempengaruhi seluruh konsep yang digunakan. Kamu bisa menggunakan elemen yang sesuai dengan karakter warna dan tampilan dari produk atau institusi itu. Cara seperti ini biasanya memberikan tampilan yang sangat elegan dari hasil desain kalender.

Baca juga : Tips desain untuk kop surat

  1. Penggunaan software sesuai skill

Saat ini ada banyak pilihan software yang bisa digunakan untuk membuat kalender. Masing-masing dari software itu tentu saja memiliki karakter yang berbeda. Kondisi seperti ini juga akan mempengaruhi kamu untuk mendapatkan desain dan tampilan kalender yang sangat baik. Kamu harus mulai menentukan software ideal yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kamu. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dari konversi ide dan konsep awal. Semakin mudah kamu menggunakan software itu tentu saja akan membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk pembuatan kalender. Biasanya beberapa desainer akan merekomendasikan Corel Draw dan Adobe Illustrator. Kedua software ini dianggap mumpuni dengan berbagai tools yang dibutuhkan untuk membuat kalender.

 

  1. Pertimbangkan sisi fungsionalitas

Tips membuat desain kalender lainnya adalah dengan mempertimbangkan sisi fungsionalitas. Tentu saja ada beberapa hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam membuat kalender. Fungsi penting dari kalender tidak hanya sebagai bagian dari media promosi. Namun, fungsi penanggalan dan penunjuk waktu dalam waktu yang cukup lama harus diterapkan. Hal ini bisa kamu terapkan dengan mencari informasi penting yang berkaitan hari libur dan hari penting lainnya. Selain itu, sistem penanggalan juga harus sesuai dengan konsep berkelanjutan. Biasanya ada penanggalan yang memiliki jumlah hari lebih banyak. Metode penanggalan itu juga akan disesuaikan dengan tipe kalender yang kamu gunakan.

 

  1. Buat tema grafis yang konsisten

Tema grafis memiliki peranan penting untuk membuat seluruh tampilan kalender menjadi lebih menarik. Tentu saja kamu memiliki peluang yang besar untuk menggunakan banyak konsep tema grafis yang berbeda. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan tema yang sesuai dengan ide awal. Bila kalender itu digunakan untuk promosi produk atau instansi tertentu cobalah untuk melakukan integrasi grafis sesuai dengan detail produk atau instansi. Hal ini berkaitan dengan penggunaan warna, detail garis dan ukuran seluruh ilustrasi yang digunakan. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan tema grafis yang berintegrasi satu dengan lainnya.

 

  1. Tampilan minimalis

Sudah banyak kalender yang memang sengaja dibuat dengan tampilan minimalis. Para pengguna kalender ini menganggap bahwa konsep minimalis tidak membingungkan dan memudahkan penggunaan kalender yang sebenarnya dibutuhkan. Tampilan minimalis ini melibatkan konsep ilustrasi dan gambar yang ada di setiap halaman dari kalender. Selain itu, ukuran dari ilustrasi juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Tentu saja detail penanggalan harus lebih jelas. Apalagi fungsi kalender yang memang dibutuhkan adalah tampilan penanggalan yang ideal. Konsep minimalis lainnya yang diterapkan pada kalender adalah penggunaan background. Sebaiknya gunakan detail background dengan dominasi putih. Cara seperti ini membuat orang lain nyaman untuk melihat kalender secara terus-menerus.

 

  1. Ilustrasi yang tidak berlebihan

Bila kamu ingin menggunakan kalender sebagai media promosi untuk produk dan instansi sebaiknya gunakan ilustrasi yang tidak berlebihan. Ilustrasi seperti ini tentu saja harus terlihat ideal dengan detail produk yang dipromosikan. Hindari penggunaan terlalu banyak vektor atau detail grafis lainnya pada ruang kosong. Semakin ideal tampilan ilustrasi yang kamu gunakan maka pesan promosi produk yang dilakukan juga akan semakin baik. Cara seperti ini sering dilakukan untuk beberapa produk dengan harga yang cukup mahal. Detail ilustrasi itu sebaiknya harus terlihat ideal dengan pola ukuran yang sesuai dengan ruang kosong di bagian kalender.

 

  1. Memilih kertas ideal

Keras juga menjadi bagian penting dari detail kalender yang akan kamu jadikan sebagai media promosi. Sebaiknya gunakan kertas dengan kualitas yang memadai sesuai dengan tampilan ilustrasi kamu. Biasanya kertas untuk kalender juga tidak terlalu tipis atau tidak terlalu tebal. Kualitas kertas yang ideal juga akan diterapkan dengan ukuran dari kalender itu sendiri. Beberapa kalender yang memiliki ilustrasi cukup banyak dengan komposisi warna yang sama biasanya membutuhkan kualitas kertas yang tidak mudah tembus pandang. Hal ini dilakukan untuk memberikan tampilan media promosi yang elegant. Model kalender juga akan mempengaruhi pemilihan kertas. Tentu saja kertas untuk kalender meja akan lebih tebal dibandingkan kalender dinding.

 

  1. Kalender dengan skema portfolio

Sudah banyak para desainer yang mencoba untuk membuat skema kalender dengan berbagai bentuk. Namun, kamu disarankan untuk membuat skema portfolio pada setiap desain kalender untuk media promosi. Skema seperti ini dianggap sangat ideal untuk menampilkan banyak ilustrasi yang berbeda. Apalagi layout atau tata letak dari setiap bagian juga terlihat cukup ideal. Detail layout dari penanggalan dan tampilan dari desain grafis dianggap sangat baik. Hal ini memudahkan kamu untuk memaksimalkan seluruh ilustrasi yang digunakan. Namun, sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan dari media promosi untuk produk itu sendiri.

Tips membuat desain kalender dengan grafis untuk promosi | tokogulali | 4.5

Leave a Reply