Tutorial Membuat Coffee Cup Vector Photoshop

Kopi merupakan hasil racikan atau eduhan biji kopi yang telah dihaluskan dan disangrai menjadi bubuk-bubuk kopi. Kopi merupakan salah satu dari komoditas pangan di dunia. Kopi telah banyak sekali di budi dayakan lebih dari 50 negara. Ada dua varietas yang terkenal yaitu Kopi Robusta atau Coffea canephora dan Kopi Arabika atau biasa juga disebut dengan Coffea arabica.

Ketika kita ingin meminum kopi mungkin hanya sekali atau beberapa kali saja kopi tersebut langsung habis. Tapi anda bisa membayangkan jika pemrosesan kopi sendiri sebelum anda minum telah melalui proses yang teramat panjang yaitu dimulai dari proses pemanenan biji kopi itu sendiri yang telah matan baik dengan cara mesin maupun dengan cara manual yaitu dengan tangan. Setelah itu bagus dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Adapun memang proses selanjutnya adalah penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Kemudian setelah proses penyangraian biji kopi tersebut digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi dapat diminum.

Kali ini kita tidak akan membahas kopi secara mendalam, di atas hanya sekilas info saja. Kali ini kita akan membuat desain yang masih berkaitan dengan kopi, yaitu cup coffee. Membuat gambar vektor dengan menggunakan Adobe Photoshop. Anda tahu vektor?

Vector adalah salah satu karya dalam desain grafis yang sering kali dijumpai. Maka dari itu memang semua benda bisa dijadikan atau diaplikasikan ke dalam Desain Vector salah satunya adalah Coffee Cup yang sangat identik dengan pekerja. Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tutorial bagaimana cara membuat coffee cup vector dengan menggunakan software desain seperti Photoshop.

  1. Pertama-tama anda bisa membuka adobe photoshop, anda bisa menggunakan versi photoshop versi berapa saja. Pada tulisan ini penulis menggunakan adobe photoshop x6.
  2. Setelah adobe photoshop terbuka di jendela anda, selanjutnya anda bisa klik menu File > New
  3. Setelah jendela lembar kerja baru akan muncul, di sini anda harus mengatur ukuran dan resolusi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Beri nama layer kemudian klik OK
  4. Anda dapat menghilangkan tanda Gembok atau tidak, terserah anda
  5. Langkah kelima adalah anda menggunakan rectangle tool atau Rounded Rectangular Tool (U) untuk membuat badan cup
  6. Pada tahap ini anda bisa membuat kotak sebagai cup. Pada tutorial ini akan dibuat setengah cup, dimana nantinya setengah berikutnya adalah hasil dari salinan badan / hasil pertama sehingga bentuknya menjadi lebih proporsional
  7. Beri warna kotak tersebut sebelumnya dengan warna seperti gambar di bawah kemudian > OK

        9. Semua bagian di sini menggunakan kotak, anda dapat memberi kotak lagi untuk pegangan cup tersebut dengan menggunakan               warna serupa atau lain tapi dengan tingkat ketebalan yang berbeda, seperti gambar.
        10.Anda bisa menambahkan dua kotak lagi untuk bagian atas cup dengan menggunakan warna yang berbeda ketebalannya atau                 warna lain sesuai dengan selera anda.

     11. Pada langkah ke sebelas ini anda dapat menggunakan Direct Selection Tool (A) untuk membuat badan yang runcing ke                     bawah. Tools ini sendiri berfungsi sebagai sebuah seleksi pada bagian dari grup ataupun seleksi Anchor point pada sebuah line              path. (A) yang merupakan bagian dari shortcut Direct selection Tool.

12. Setelah itu anda dapat mengklik dan edit badan Cup dengan menekan dan menarik titik bagian pojok kiri bawah badan cup.      13.Sama dengan di atas anda juga edit pegangan pada cup tersebut dengan menarik pada bagian bawahnya.

        14. Edit juga sama dengan cara di atas pada bagian tutup cup

        15. Setelah mengedit anda bisa Rasterize semua Layer, kecuali layer background

       16. Kemudian anda dapat menyatukan semua Layer dengan menggunakan perintah Ctrl+E, tapi sebelumnya anda blok dulu                       layer yang ingin disatukan.        17. Selanjutnya anda bisa menyeleksi cup dengan menggunakan Rectangular Marque Tool (M)       18. Anda bisa mengklik kanan kemudian pilih Layer via Cut

        19. Selanjutnya anda dapat menghapus Round Rectangular 3

      20. Lakukan Duplicate Layer tersebut seperti gambar di bawah.

      21. Setelah itu klik Ok

22. Anda dapat mengklik layer … copy tadi kemudian tekan Ctrl+T untuk dapat melakukan Free Transform

       23. Kemudian anda dapat mengklik kanan dan Flip Horizontal

         24. Aturlah posisi layer pertama dan layer yang sudah di flip horizontal tadi agar rapi membentuk gelas dengan                                                  menggunakan Move Tool (V)

            25. Anda selanjutnya dapat memberi warna Background dengan menggunakan warna pilihan seperti gambar di bawah                                ini dan beri tulisan sesuai dengan keinginan anda dan kemudian siap anda untuk menyimpan.

         26. Jika hasil anda telah sesuai atau mirip dengan Coffe Cup, berarti Membuat Coffe Cup Vector di Photoshoptelah                           berhasil untuk di buat.

Telah diketahui jika sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi untuk pertama kali memang telah ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun atau 1000 SM yang lalu. Kemudian kopi terus berkembang sampai dengan saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang banyak sekali dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Saat ini sendiri kopi telah berhasil memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Alangkah berkhasiatnya kopi di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, kanker, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler) lainnya.

Mengapa menggunakan photoshop?

Photoshop adalah aplikasi edit foto yang telah lama dirilis dan ada sejak 26 tahun silam. Menggunakan aplikasi ini banyak sekali terlahir seniman-seniman edit foto dengan kemampuan yang sangat mumpuni. Tentunya awalnya hanya orang biasa kemudian mendadak sangat populer berkat Photoshop.

Ada beberapa orang yang sangat terkenal sebagai seniman populer Photoshop di dunia seperti halnya Agan Harahap, Kanahooo hingga Max Asabin. Tentunya editan beberapa seniman tersebut membuat orang semakin kagum sampai tersenyum, namun memang tidak sedikit editan foto yang ternyata dapat membuat orang tertawa karena keunikan nya atau emosi.

Yah itulah seni mampu untuk menghipnotis setiap orang yang mendengar, melihat dan merasakannya. Sebenarnya ada banyak software desain grafis seperti halnya Photoshop yakni, corel draw, page maker, photo paint dan lain sebagainya. Bagus atau tidaknya bergantung dari orang yang mengolahnya menjadi gambar yang hidup atau tidak. Gambar yang hidup akan mampu mempengaruhi orang yang melihatnya sehingga timbul perasaan takjub dan emosi.

Demikian adalah tutorial untuk membuat gambar vektor berupa coffee cup dengan menggunakan Adobe Photoshop, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah skill serta kecakapan anda dalam membuat desain grafis terutama menggunakan photoshop. Bagi anda yang masih kuliah sangat disarankan untuk menggunakan photoshop untuk belajar desain grafis hal tersebut dikarenakan software ini sudah cukup familiar dan juga sangat banyak sekali tutorial yang bisa anda dapat dari internet. Anda juga dapat belajar secara mandiri atau dengan bantuan guru.

 

 

 

tags:

tutorial membuat logo coffe di photoshop
Tutorial Membuat Coffee Cup Vector Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply