Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop


Bon memiliki peranan penting bagi dunia usaha, karena dengan bon para pemilik usaha akan mudah untuk mendata barang yang terjual dan konsumen juga akan memiliki bukti tertulis dari berbagai barang yang dibeli. Salah satu bidang usaha yang seringkali menggunakan bon adalah toko bangunan, karena pembelian bahan bangunan biasanya jumlahnya tidak bisa ditentukan dan setiap pembelian bahan bangunan yang banyak aka nada rincian yang jelas. Berikut ini adalah beberapa tutorial membuat bon toko bangunan dengan adobe photoshop:

  1. Siapkan file bon

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah mencari file bon kosong dan filenya bisa didapat di internet dengan mudah. Carilah di google berbagai desain bon kosong yang sesuai dengan keinginan, agar tak perlu membuat bon dari nol.

Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop
  • Masukan file gambar

Pada tahap ini masukanlah gambar bon kosong ke adobe photoshop dengan cara pilih file kemudian pilih open atau buka dan tampilan bon akan Nampak seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop
  • Desain Tampilan Bon

Pada tahap ini kamu bisa mendesain tampilan bon sesuai keinginan dan pada tampilan di bawah ini sangat didominasi dengan tulisan. Namun untuk memperindah tampilan bon kamu juga bisa menambahkan logo, karena logo menjadi ciri khas sebuah usaha.

Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop
  • Desain dengan rapih

Pada tahap ini contoh desain yang disajikan adalah desain bon minimalis dan sangat mudah untuk ditiru cara pembuatannya. Logo yang digunakan pada tahap ini dibuat dengan perpaduan huruf dan kamu bisa menambahkan logo sesuai dengan identitas usahanya. Semakin bagus kualitas logo, maka akan semakin dianggap profesional usahanya.

Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop
  • Simpan hasil pekerjaan

Setelah bon berhasil di desain sesuai keinginan, barulah masuk pada proses penyimpanan hasil dan cara menyimpan file bon bisa dengan cara klik file, kemudian pilih save serta simpanlah dengan file jpg atau png. Simpan juga file dengan format photoshop, agar filenya bisa digunakan lagi.

Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop
Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop

Mengapa menggunakan Photoshop?

Yah kali ini penulis ingin membahas apa saja yang membedakan antara Photoshop dengan aplikasi editor-editor lainnya, agar anda semua tahu mengapa aplikasi seperti Photoshop sangat populer saat ini. Selain itu juga jangan sampai kita hingga saat ini belum dapat menggunakan Photoshop bahkan tidak mengetahuinya, jangan sampai kita malahan dianggap orang yang sebagai orang yang ketinggalan zaman. Maka dari itulah Photoshop sangat bisa mendesain dan juga bangun untuk anda yang ingin mengenal dan mendalami aplikasi Photoshop.
Berikut merupakan perbedaan aplikasi Photoshop dengan aplikasi editor foto yang lainnya:

  • Photoshop merupakan aplikasi editor foto yang memiliki sifat “Manual”. Artinya Photoshop mudah untuk mengolah gambar sehingga tidak akan instan seperti halnya editor foto yang lainnya, kita harus menggunakannya step by step dalam memberi perintah atau efek pada lembar kerja. Maka dari itu Photoshop bersifat dinamis, kita dapat mulai untuk berkreasi sebebas mungkin sesuai dengan apa kebutuhan kita. Anda bisa bandingkan dengan editor foto yang lainnya, dengan satu perintah saja dapat menghasilkan efek foto yang mana pada efek tersebut bersifat sangat baku. Bagaimanapun hasilnya nanti itulah adalah jadinya, tidak dapat di setting dalam menentukan nilai atau parameter pada efek tersebut.
  • Photoshop mempunyai banyak sekali tools dan punya beragam perintah yang dapat kita gunakan dalam mengolah sebuah gambar, dengan begitu anda dapat akan lebih leluasa dalam memilih dan menentukan efek bagi foto kita. Dikarenakan banyak sekali tools dan peritah yang ada di Photoshop, maka kita sebagai user harus dapat memahami dan mengerti betul mengenai fungsi dari masing-masing tools dan perintah dalam Photoshop. Pada website ini maka saya dapat juga membahas beberapa tools yang dapat anda pelajari.
  • Photoshop akan selalu mengikuti pesatnya perkembangan zaman, terbukti dengan perilisan pertama kali pada tahun 1988 sampai dengan sekarang Photoshop telah mengalami peningkatan seperti versi yang telah berkembang sebanyak 24 kali sampai saat ini Photoshop telah rilis versi terbarunya yaitu Photoshop CC 2014. Tentunya pada setiap versinya, Photoshop akan selalu mengalami kemajuan baik itu dari tools yang digunakan dan perintah maupun dari tampilah jendela kerja Photoshop itu sendiri nantinya.
  • Photoshop begitu cocok untuk anda pergunakan dalam berbagai macam usaha. Saya sendiri merupakan pengguna Photoshop yang tidak hanya menggunakan sebagai mengedit foto, tapi penulis juga gunakan untuk dapat menghasilkan uang. Photoshop juga saat ini telah banyak sekali digunakan untuk berbagai macam bidang usaha seperti halnya adalah percetakan foto, percetakan spanduk atau baleho, usaha sablon, designer website, dan lain sebagainya. Jika anda dapat menguasai Photoshop, anda tentunya bisa dengan mudah mencari pekerjaan baik itu anda bisa bekerja dengan badan usaha maupun dengan anda memulai usaha mandiri.
  • Untuk anda yang memiliki hobi mengutak atik foto maka Photoshop adalah jagonya. Di dunia maya juga memang akan sering kita temukan foto-foto yang terbilang sangat unik dan lucu dimana foto tersebut mustahil terjadi atau ada didunia nyata, tentu saja dalam foto tersebut tidak akan terlepas dari campur tangan Photoshop. Seperti halnya meme yang belakangan ini sangat banyak dan tersebar di berbagai sosial media, foto quotes yang banyak menginspirasi orang lain bahkan ada banyak brosur yang sering kita kita temui di sosial media, itu semua tidak terlepas dari campur tangan Photoshop.
  • Masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan jika kita memahami dan mengerti Photoshop.
    Untuk kita yang masih pemula, Photoshop seperti hal yang menakutkan untuk dipahami, namun jika kita bisa mengoperasikan Photoshop dengan ahli maka Saya jamin ada banyak hal yang bisa Sobat lakukan terlepas dari poin diatas.
    Untuk itulah Saya pribadi ingin membangun website ini dikarenakan minimnya masnyarakat memahamin Photoshop terutama untuk kita para penerus bangsa ini.


Jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengedit foto atau menciptakan suatu kreasi, tentu  saja yang kita butuhkan adalah aplikasi yang bagus. Jika kita berbicara mengenai aplikasi editor foto yang berkualitas, maka Photoshop sampai saat ini belum ada tandingannya baik itu dari segi popularitas maupun dari segi kualitas foto yang dihasilkan.
Diluar sana ada banyak aplikasi editor foto yang tersebar di masyarakat dan tak jarang mereka lebih memilih aplikasi tersebut dibandingkan Photoshop. Saya pribadi pernah bertanya kepada beberapa teman yang suka sekali edit foto lalu meng-uploa-nya ke sosial media, Saya bertanya mengapa mereka lebih tertarik menggunakan aplikasi editor foto selain Photoshop, mereka menjawab bahwa aplikasi Photoshop itu rumit dan sulit untuk dipahami dan dipelajari. Mereka memilih aplikasi yang instan dan cepat dalam menghasilkan editan foto.


Diatas adalah perbedaan Photoshop dengan aplikasi editor foto lainnya, semoga saja dengan begitu kita bisa memahami apa-apa yang menyebabkan photoshop semakin populer dibandingkan aplikasi editor foto lainnya. Untuk Sobat yang ingin belajar photoshop terlebih dahulu memahami tools photoshop

Demikian ulasan lengkap mengenai penulisan artikel tutorial membuat bon toko bangunan dengan adobe photoshop dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

tags:

Nota kosong, ukuran buat bon pembelian dari photoshop, desain nota kosong, nota bangunan, nota bon kosong
Tutorial Membuat Nota Pembayaran Dengan Adobe Photoshop | dany | 4.5

Leave a Reply