cara jadi kontributor di shutterstock

Cara jadi kontributor di shutterstock yang harus segera dicoba

Desainer grafis saat ini dimudahkan dengan berbagai peluang untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Ada banyak marketplace yang mempertemukan para desainer dengan klien yang membutuhkan jasa untuk desain grafis. Bahkan, marketplace itu juga berfungsi untuk menjadi tempat menjual hasil grafis yang dimiliki oleh para desainer. Salah satu pilihan marketplace yang bisa diperhitungkan adalah shutterstock. Website ini memang kerap dijadikan pilihan utama banyak desainer pemula maupun profesional untuk menawarkan jasa dan karya desain grafis. Tidak sedikit juga desainer pemula mencari inspirasi dari tampilan atau display beberapa karya grafis. Biasanya para desainer itu akan menjadi kontributor. Apalagi saat ini cara jadi kontributor di shutterstock juga cukup mudah.

cara jadi kontributor di shutterstock

Coba pahami dahulu tentang shutterstock

Sebelum memutuskan untuk menjadi kontributor sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang shutterstock. Situs ini merupakan tempat menjual berbagai gambar yang terdiri dari desain grafis hingga foto. Seluruh gambar itu berasal dari kontributor seperti desainer dan fotografer yang menawarkan berbagai pilihan. Tentu saja pilihan dari gambar yang bisa dijual melalui situs ini akan disesuaikan dengan kebijakan dan ketentuan yang telah dikeluarkan. Kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi kontributor dan menawarkan banyak pilihan gambar yang berbeda.

Bagi banyak desainer, fotografer dan para klien yang membutuhkan gambar shutterstock sangat populer. Apalagi situs ini memang sudah berdiri sejak lama dan selalu memberikan pelayanan yang memudahkan proses penjualan. Bahkan, salah satu cara jadi kontributor di shutterstock yang berkaitan dengan persyaratan juga tidak terlalu rumit. Hal ini juga yang membuat shutterstock sangat digemari banyak kalangan. Penghasilan yang kamu dapatkan biasanya berasal dari hasil penjualan setiap item gambar seperti desain grafis atau foto tertentu. Semakin banyak stok gambar yang kamu jual maka keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

 

Perhatikan persyaratan untuk menjadi kontributor

Salah satu hal penting dari cara jadi kontributor di shutterstock adalah persyaratan yang telah ditentukan. Shutterstock memiliki beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh calon kontributor. Tentu saja akan dirasa percuma bila anda memiliki kualitas gambar dengan konsep terbaik dan populer namun tidak bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Namun, jangan khawatir karena shutterstock juga menerapkan persyaratan yang dirasa tidak terlalu rumit. Berikut ini beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi untuk menjadi kontributor, seperti:

  1. Harus memiliki paspor (optional)

Pada awalnya, shutterstock menerapkan syarat yang cukup rumit untuk menjadi kontributor. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan identitas berupa paspor. Namun, saat ini persyaratan ini mulai longgar karena kamu juga bisa mendaftar menjadi kontributor tanpa harus mengupload paspor.

  1. Persiapkan 10 desain pertama

Tentu saja ini merupakan persyaratan penting dari cara jadi kontributor di shutterstock. Pada saat mendaftar pertama kali kamu harus menyiapkan 10 gambar pertama yang harus diupload. Gambar ini harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Cobalah pilih gambar dengan konsep menarik dan belum terpikirkan orang lain.

  1. Konsisten menawarkan hasil desain

Kamu harus konsisten untuk terus mengupload gambar di shutterstock. Ini juga akan menjadi penilaian dasar dari pihak shutterstock. Paling tidak kamu bisa mengupload 10 gambar setiap hari.

  1. Terus meningkatkan kualitas gambar

Kamu harus terus meningkatkan kualitas dari gambar yang ditawarkan di shutterstock. Hal ini bisa dilakukan dengan merubah konsep secara menyeluruh atau dengan memberikan tampilan detail yang lebih unik.

 

Kriteria desain atau gambar yang diterima

Ketentuan penting lainnya yang harus kamu pertimbangkan tentu saja dengan kriteria yang akan diterima. Shutterstock memang memiliki ketentuan ketat tentang seluruh gambar yang berkaitan dengan kriteria tertentu. Kamu juga harus terus mengikuti perkembangan dari pilihan kriteria yang cukup sering berubah. Pembaruan itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para desainer untuk menawarkan banyak hasil gambar. Tentu saja ini juga akan memberikan keuntungan bagi kamu sehingga terus berkreasi untuk menghasilkan gambar yang ideal. Beberapa kriteria desain gambar atau foto yang diterima oleh shutterstock seperti:

  1. Desain grafis minimalis

Ini merupakan salah satu kriteria yang memang sangat disarankan bagi kamu. Apalagi desain grafis minimalis memang sangat dibutuhkan oleh banyak klien. Hal ini biasanya berkaitan dengan seluruh unit bisnis yang dimiliki oleh klien itu sendiri.

  1. Foto narasi atau human interest

Bila kamu menawarkan banyak foto cobalah tawarkan berbagai pilihan foto yang berkaitan dengan peristiwa sehari-hari. Konsep foto ini biasanya selalu berkaitan dengan human interest. Beberapa media online kadang-kadang mencari ilustrasi foto dengan konsep seperti ini.

  1. Grafis logo

Kriteria gambar lainnya yang bisa diterima dan memiliki banyak peminat adalah konsep logo. Kamu bisa menawarkan grafis dengan konsep yang hampir mirip dengan logo produk atau perusahaan tertentu. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan detail konsep logo yang cocok untuk berbagai unit bisnis populer.

  1. Grafis ilustrasi kegiatan sehari-hari

Berbagai gambar dengan desain grafis yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari juga cukup ideal. Misalnya saja dengan menawarkan gambar atau grafis tentang kecantikan, kesehatan atau lainnya.

 

Cara jadi kontributor di shutterstock dengan langkah mudah

Beberapa cara jadi kontributor di shutterstock bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Bahkan, untuk mendaftar di shutterstock juga tidak dipungut biaya alias gratis. Ini yang selalu menjadi pertimbangan banyak desainer untuk terus menawarkan banyak gambar terbaik. Apalagi penghasilan yang kamu terima dari shutterstock juga lumayan baik. Tentu saja hal itu akan disesuaikan dengan jumlah penjualan dari item gambar. Semakin banyak kamu memberikan pilihan gambar berupa grafis dan foto tentu saja peluang untuk mendapatkan penghasilan juga semakin besar. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi kontributor, seperti:

  1. Pada awalnya kamu diharuskan untuk menyertakan identitas seperti paspor. Namun, saat ini shutterstock mulai melonggarkan aturan tentang ini.
  2. Masuk ke dalam situs resmi shutterstock. Lalu klik tombol sign up.
  3. Pada halaman berikutnya akan muncul formulir yang harus diisi. Kamu harus mengisi seluruh kolom formulir dengan baik, benar dan jujur. Ini juga akan memudahkan proses pengiriman hasil dari penjualan item.
  4. Biasanya akan dikirimkan notifikasi ke email yang kamu daftarkan melalui shutterstock. Klik link atau tautan yang dikirimkan untuk memudahkan proses verifikasi.
  5. Bila berhasil setelah klik link verifikasi selanjutnya muncul halaman formulir baru yang berkaitan dengan alamat. Isi seluruh kolom dengan benar.
  6. Selanjutnya akan muncul halaman baru yang mengharuskan kamu untuk mengupload 10 gambar pertama. Pilih gambar terbaik.
  7. Masing-masing gambar yang diupload tentu saja harus memiliki deskripsi. Ini juga memudahkan orang lain membeli item.

Setelah itu, tim dari shutterstock akan membutuhkan waktu sekitar 1-3 hari kerja untuk melakukan verifikasi. Bila diterima maka kamu akan menerima pemberitahuan.