Tips desain kemasan Makanan dengan konsep unik dan menarik

Perkembangan industri desain memang terus meningkat. Bahkan, hingga kini sudah banyak industri lain yang mulai memperhitungkan konsep desain ideal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dari produk yang menggunakan kemasan tertentu. Beberapa produk yang menerapkan cara seperti ini juga menganggap bahwa desain kemasan bisa menjadi tola ukur untuk karakter yang sangat ideal. Semakin menarik dan unik desain kemasan yang digunakan biasanya akan membuat orang lain tertarik untuk mencoba atau menggunakan produk itu. Kondisi seperti ini bisa menjadi peluang besar bagi para desainer. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mendapatkan konsep desain kemasan yang ideal. Ada beberapa rekomendasi dari tips desain kemasan produk yang bisa dicoba.

tips desain kemasan produk

8 tips desain kemasan produk yang harus dicoba

Saat ini kamu bisa menggunakan banyak rekomendasi konsep desain kemasan yang akan membuat tampilan produk menjadi lebih baik. Konsep itu bisa berasal dari seluruh ide atau dari gabungan template. Sesuaikan seluruh tampilan desain kemasan dengan detail produk yang diinginkan. Ada beberapa elemen dan komponen penting yang bisa memaksimalkan konsep lain. Bahkan, detail seperti ini juga akan terlihat sangat mengesankan seluruh bagian kemasan produk itu. Sesuaikan juga dengan jenis dari produk yang ditawarkan. Biasanya konsep ini membuat seluruh desain kemasan menjadi lebih menarik dan mengesankan. Kualitas material dan warna desain untuk kemasan produk itu juga memberikan dampak yang sangat besar. Berikut ini ada 8 tips desain kemasan produk yang bisa kamu perhitungkan, seperti:

  1. Membuat konsep origami

Tips desain kemasan produk unik

Salah satu dari tips desain kemasan produk yang bisa kamu coba dengan menerapkan konsep origami. Konsep desain kemasan seperti ini mulai digunakan banyak produk, khususnya kuliner. Selain memberikan tampilan desain yang unik, sebenarnya konsep desain kemasan origami juga memudahkan proses pengemasan. Hal ini bisa diterapkan untuk menghindari penggunaan bahan perekat lainnya pada kemasan produk itu sendiri. Beberapa pilihan produk yang menggunakan desain kemasan seperti ini juga bisa menampilkan karakter yang berbeda. Apalagi kemasan ini juga menjadi ciri khas dari produk yang ditawarkan. Untuk memaksimalkan seluruh tampilan dari desain kemasan dengan konsep origami sebaiknya gunakan detail warna dan material terbaik.

 

  1. Desain kemasan dengan tipografi

desain kemasan makanan tema tipografi

Rekomendasi lain dari desain kemasan yang bisa kamu gunakan dengan melibatkan detail tipografi. Tampilan desain kemasan seperti ini memang sering digunakan untuk banyak industri. Apalagi tampilan ini juga bisa menggunakan konsep logo dari seluruh bagian desain. Beberapa elemen penting yang harus diperhatikan tentu saja ukuran dan warna dari tipografi itu sendiri. Selain itu, elemen lain yang patut diperhitungkan juga dari background untuk bagian tipografi. Bila kamu menggunakan tipografi dengan tampilan warna yang cukup gelap sebaiknya terapkan background warna yang netral. Konsep tipografi seperti ini bisa menjadi modal penting untuk menampilkan logo dari produk untuk dikenalkan kepada banyak orang.

 

  1. Konsep elegan dengan kolaborasi hitam dan putih

desain kemasan konsep hitam putih

Tips desain kemasan produk lainnya yang bisa diterapkan dengan kolaborasi warna elegan. Konsep warna seperti ini biasanya menampilkan kombinasi hitam dan putih. Biasanya kemasan produk yang menggunakan detail warna seperti ini akan ditujukan pada beberapa produk kosmetik atau aksesoris fashion. Beberapa produk yang menawarkan konsep warna ini memang akan terlihat sangat mewah. Hal ini membuat nilai jual dari produk itu juga akan semakin meningkat. Bahkan, kamu juga bisa menjadikan kombinasi warna seperti ini menjadi bagian dari detail produk juga. Cobalah terapkan detail warna untuk kemasan produk dengan dukungan kualitas material yang terbuat dari metal. Tampilan itu akan menambah kesan elegan dan mewah.

 

  1. Kemasan produk untuk branding

Mungkin anda bisa menggunakan kemasan produk untuk membantu branding. Kemasan produk seperti ini akan menampilkan beberapa elemen dan komponen yang berkaitan dengan logo dan detail dari produk. Hal ini berkaitan dengan tampilan ukuran logo pada seluruh sisi dari kemasan produk. Selain itu, detail warna yang ada pada produk juga akan ditampilkan secara menyeluruh. Elemen seperti ini memberikan pengaruh yang besar untuk seluruh bagian dari produk yang ditawarkan. Namun, perhatikan juga ukuran dari produk itu. Biasanya semakin besar ukuran dari produk akan mempengaruhi tampilan dari kemasan.

 

  1. Mencoba kesan feminim

desain kemasan produk bernuansa feminim

Konsep feminim memang sering digunakan untuk membuat desain kemasan produk. Hal ini biasanya berkaitan dengan tampilan dan warna yang digunakan. Beberapa detail warna yang dilibatkan dari kemasan produk ini biasanya tampil sangat soft. Pilihan warna itu seperti peach, tosca, biru soft, pink hingga putih. Kemasan produk seperti ini akan memberikan peluang yang besar untuk membuat nilai dari produk semakin meningkat. Namun, penggunaan detail kemasan seperti ini memang hanya ditujukan pada seluruh produk yang ditawarkan kepada para wanita. Biasanya produk itu terdiri dari parfum, aksesoris fashion dan lainnya.

5 Tren warna undangan pernikahan yang harus dicoba

  1. Kemasan produk dengan banyak kontras warna

Warna memang sering menjadi elemen penting untuk membuat seluruh bagian dari kemasan produk terlihat menarik. Bahkan, beberapa industri dari produk tertentu menganggap bahwa semakin banyak warna yang digunakan akan memberikan nilai jual yang lebih tinggi. Tentu saja konsep warna seperti ini akan tampil dengan kontras yang cukup tinggi. Untuk memberikan tampilan kemasan produk yang mengesankan biasanya akan menggunakan beberapa lapisan material sekaligus. Masing-masing dari lapisan material itu melibatkan kontras warna yang menarik. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan penyesuaian kontras warna dengan seluruh bagian dari desain dan tampilan produk.

 

  1. Konsep minimalis untuk kemasan produk

Desain lain yang bisa kamu coba untuk menjadi kemasan produk yang menarik dengan detail minimalis. Beberapa desain kemasan seperti ini sering digunakan untuk banyak produk kreatif. Bahkan, sebagian dari pengguna dan pemilik produk menganggap bahwa konsep minimalis akan memberikan kenyamanan yang berbeda. Konsep minimalis ini akan mempertimbangkan beberapa komponen penting. Komponen itu terdiri dari material yang digunakan, lapisan warna dan tipografi yang menggunakan konsep logo. Sebaiknya hindari penggunaan tambahan komponen yang terlalu berlebihan pada kemasan produk itu sendiri. Apalagi ukuran dari desain kemasan kadang-kadang memberikan dampak yang besar dari intepretasi pengguna.

 

  1. Menggunakan kualitas material terbaik

Ini adalah tips penting yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat dan mendesain kemasan produk. Tampilan yang baik dari desain kemasan produk harus didukung dengan kualitas material yang ideal. Semakin baik kualitas dari material yang digunakan untuk kemasan produk akan membuat nilai guna menjadi lebih baik. Tentu saja kemasan produk itu akan bertahan lebih lama. Hal ini juga akan berkaitan dengan nilai jual yang ditawarkan kepada para pengguna. Apalagi bila kamu bisa menerapkan material ramah lingkungan dengan kualitas terbaik pada setiap produk.

tags:

INSPIRASI DESAIN KEMASAN MAKANAN
Tips desain kemasan Makanan dengan konsep unik dan menarik | tokogulali | 4.5

Leave a Reply