12 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu

Assalamualaikum. Memilih jurusan kuliah adalah hal yang serius. karena ini akan menentukan fokus ilmu yang akan kita pelajari kedepannya. setiap orang pasti akan memilih jurusan sesuai dengan keinginannya. namun bagi kalian yang memiliki sifat pendiam dan pemalu, harus cerdas memilih jurusan. apalagi jika kalian orang yang sulit berkomunikasi dan anti sosial. maka dari itu, saya membuat ulasan 12 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu. agar ada referensi sebelum memilih jurusan terbaik.

12 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu

Sebelum memulai, ada baiknya kita membahas sedikit tentang sifat anda ini. Introvert atau Introversion adalah istilah yang mengacu pada kepribadian seseorang yang menutup diri pada keadaan sosial dan lebih senang menyediri. jadi orang yang pemalu, pendiam, sulit berinteraksi apalagi bertatap mata dengan orang yang baru dikenal, termasuk tipe Introvert.

Namun kepribadian ini bukanlah kekurangan, melainkan cara seseorang menciptakan kehidupannya sendiri. bukan berarti orang pendiam itu tidak baik. karena rata-rata, pengidap introvert peka terhadap perasaan orang lain. sehingga pembawaannya selalu ingin baik dihadapan orang lain.

1. Jurusan Teknik Informatika IT

Jurusan Teknik Informatika sangat cocok bagi orang pendiam. baik itu laki-laki maupun perempuan. karena kalian akan lebih fokus pada laptop atau komputer. karena mata kuliahnya mencakup basis data digital. tetapi tetap ada interaksi dengan orang lain, namun tidak seperti jurusan komunikasi sosial, yang setiap saat harus berkomunikasi.

Dalam hal ini, Jurusan IT akan membuat orang pendiam itu nyaman. mulai

Baca juga : 12 Prospek kerja jurusan desain komunikasi visual dan gajinya

2. Jurusan Sastra

Memilih kuliah di Jurusan Sastra juga direkomendasikan. karena jurusan ini lebih fokus membaca, menciptakan karya tulis, mengamati, serta lebih ke pengembangan mandiri.

Bagi kamu yang punya sifat pendiam, pasti cocok dengan jurusan sastra. prospek kerjanya juga luas. apalagi kalau bisa menciptakan buku karangan sendiri yang bermanfaat.

3. Jurusan Desain Grafis

Untuk orang pendiam dan pemalu juga cocok mengambil jurusan desain grafis. karena pekerjaannya lebih sering sendirian. sehingga bisa fokus dalam menyelesaikan proyek dan tugas kuliah. prospek kerjanya juga sangat menjanjikan. karena bisa menjadi freelancer ataupun karyawan perusahaan. dijaman digital, lowongan kerja desain grafis hampir ada setiap hari.

4. Jurusan Bahasa Asing

Orang yang sulit berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, cocok mengambil jurusan bahasa asing. menjadi penerjemah bahasa asing tidak akan terlalu banyak berinteraksi. apalagi penerjemah tertulis seperti, bahasa china – indonesia, inggris – indonesia dll.

Prospek kerjanya pun terbuka lebar. selain bisa menjadi penerjemah lepas, kalian juga bisa membuka jasa secara freelancer.

5. D3 Arsitektur

Berbeda dengan jurusan S1 Asitektur yang lebih banyak ke presentase desain. Jurusan D3 Arsitek lebih fokus pada pembuatan gambar kerja bangunan. jadi pekerjaannya dilakukan sendirian didepan laptop/pc.

6. MIPA Kimia

Lulusan SMA Ipa yang memiliki sifat pendiam, akan cocok masuk di jurusan MIPA Kimia. mata kuliah MIPA Kimia lebih banyak di Laboratorium dan membaca buku rumus kimia. komunikasi dengan orang lain tidak akan begitu banyak dilakukan. soalnya kita akan lebih fokus menghafal dan mengamati sendiri.

7. Mipa Biologi

Sama halnya dengan MIPA Kimia. Jurusan MIPA Biologi juga lebih banyak membaca, menghafal dan berada di Laboratorium. sebagai orang yang memiliki sifat introvert sangat cocok dengan jurusan biologi. teman-teman kampus kalian juga akan saling support dan kompak.

8. Teknologi Pangan

Teknologi Pangan bisa menjadi jurusan yang tepat untuk orang pendiam. selain masih jarang, jurusan ini banyak dicari industri pangan indonesia dan internasional. kalian akan mempelajari kimia,biologi,gizi dan hal terkait mutu makanan.

Mahasiswa akan dilatih untuk menciptakan produk berkualitas dibidang kesehatannya.

9. Radiologi

Jurusan Radiologi bisa menjadi tembakan kalian jika memiliki sifat pendiam. soalnya mulai dari perkuliahan sampai prospek kerja, akan lebih banyak di Lab. seorang lulusan radiologi akan bekerja di rumah sakit sebagai radiografer. contohnya rontgen orang sakit dan memerikan laporan. tidak banyak aktifitas sosial yang akan dikerjakan. peluang kerjanya pun lebar, karena masih jarang orang yang lulusan jurusan radiologi.

10. Jurusan Kearsipan

Jurusan Kearsipan bisa dibilang jurusan untuk orang pendiam dan pemalu. mata kuliah yang dipelajari berhubungan dengan perawatan dan pengolahan arsip. mulai dari terciptanya hingga pemusnahannya. selain itu bisa juga bekerja sebagai staf di kantor dan perpustakaan. karena ilmu bidang ini memiliki ketilitian tinggi.

11. Jurusan Audit IT

Audit IT merupakan jurusan yang mempelajari cara melakukan audit internal terhadap sistem akuntansi yang berbasi komputer pada perusahaan. jadi bisa dibilang jurusan ini gabungan antara ekonomi akuntansi dengan IT.

Orang yang pemalu dan pendiam cocok dengan jurusan Audit IT. Karena akan disibukkan dengan menghitung. selain itu juga, kita dilatih untuk kritis, tekun, teliti dan hati-hati dalam bekerja.

12. Jurusan Teknologi Gaming

Bagi kalian yang pendiam dan juga senang berkarya. maka bisa masuk kuliah di jurusan Teknologi Gaming. jurusan ini bisa membuat kita mandiri walaupun kemampuan komunikasi kurang. karena game itu bisa dibuat sendiri atau berkelompok. prospek kerjanya pun luas. apalagi dijaman sekarang, game merajalela. dari anak-anak hingga orang dewasa senang bermain game.

Bagaimana Jika orang Pendiam Masuk Jurusan Yang Banyak Interaksinya ?

Perlu kalian ketahui, bahwa sifat introvert itu bisa dihilangkan. karena ini hanyalah faktor kebiasaan saja. apalagi kalau kita terus berdiam diri dan menyendiri, maka sifat ini lama-lama akan merugikan diri sendiri.

12 Jurusan Kuliah IPA yang jarang diminati

Singkat cerita, ada teman saya yang pendiam dan pemalu, tetapi dia masuk jurusan komunikasi. padahal dijurusan ini lebih banyak komunikasi dengan orang. alhasil, karena kebiasaan, maka sifat pemalunya hilang dan menjadi lebih aktif.

Ada juga orang pendiam yang masuk jurusan hukum. awalnya pemalu, lama kelamaan orangnya lebih senang berinteraksi sosial. mengapa ? karena dia diajarkan untuk terus bersosialisasi. maka jiwanya terlatih dan tidak malu lagi dihadapan umum.

Kesimpulan

Jika memang anda orang yang introvert (pemalu,pendiam,sulit interaksi). janganlah terlalu berlebihan. pelajari diri anda, agar bisa mengendalikannya. soalnya kalau kita terus pemalu maka sulit untuk bersilaturahmi. padahal ini merupakan sunnah nabi. semakin banyak teman maka semakin banyak rejeki.

12 Prospek kerja jurusan Arsitektur dan gajinya

Baiklah sobat, semoga artikel ini bisa membimbing kalian. teruslah mengejar cita-cita setinggi langit. jangan lupakan Allah SWT karena dunia. tetap Sholat 5 Waktu.

Terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

12 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu | admin | 4.5

Leave a Reply