12 Jurusan Kuliah Ipa Yang Jarang Diminati

Assalamualaikum. Jurusan kuliah IPA bisa dibilang jurusan yang membosankan. karena didalamnya terdapat jurusan KIMIA,BILOGI dll. semua itu merupakan kuliah yang membosankan bagi sebagian orang. Namun, jika kita pikirkan manfaat yang kita dapat dengan mengambil jurusan ini adalah, kita bisa jadi tau banyak hukum dan prinsip alam. berbeda dengan jurusan ips, jurusan ipa lebih kepada teori.

12 Jurusan Kuliah Ipa Yang Jarang Diminati

1. Budidaya Perikanan

Sebenarnya potensi perikanan di Indonesia sangatlah besar dan masih sangat membutuhkan banyak tenaga dalam melakukan tugasnya. Karena itu, ketika mengambil jurusan ini yang memang di butuhkan dalam bidang ini, ini sangat bermanfaat untuk banyak bidang di Indonesia dalam hal perikanan. Jadi, meskipun sebenarnya jurusan ini sepi dan sangat jarang yang berminat, namun sebenarnya ini sangat bemanfaat untuk dunia pekerjaan. Jadi sebenarnya jurusan ini sangat jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan dunia pekerjaan, karena saat ini Indonesia sedang sangat membutuhkan banyak tenaga dalam bidang ini.

2. Kimia

Banyak ilmu kimia yang memang secara teori sangat sulit untuk bisa di pahami. Namun, ternyata dari kesulitan ini banyak yang tidak tahu, bahwa sebenarnya jurusan ini sangat di butuhkan oleh banyak ahli yang sedang mengamati, atau meneliti satu bahan kimia yang, ingin di cari tahu asal usulnya. Karena itu, sebenarnya meskipun jurusan ini sepi dan banyak yang tidak berminat karena teorinya yang banyak, namun sebenarnya dalam dunia pekerjaan ini sangatlah di butuhkan.

3. Teknik Nuklir

Jurusan ini memang sangat jarang ada yang berminat atau mau mengambil bagia di dalamnya. Alasannya, karena ini termasuk jurusan yang sulit untuk di pelajari, dan banyak yang tidak terlalu berminat dengan bentuk jurusan ini. Padahal, jika masuk ke dalam jurusan ini banyak yang bisa bekerja di bidang medis, dan industri, juga tempat lainnya. Namun kenyataan, banyak yang berminat dengan jurusan yang satu ini.

Baca juga : 14 Jurusan kulah ips yang jarang diminati

4. Astronomi

Banyak yang tidak suka dengan jurusan ini, karena menganggap bahwa dengan mengambil jurusan ini, hanya bisa berhasil jika mengambil banyak lainnya ilmu yang di dapat dari jurusan lainnya. Misalnya, fisika, matematika, dan lainnya. Jadi, karena banyak yang beranggapan bahwa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan yang baik ini tidak selalu berhasil, mengingat jarang ada yang mau menerapkan ilmu yang satu ini, dalam dunia pekerjaan yang ada karena itu, jurusan ini jarang ada yang berminat.

5. Geofisika

Jurusan yang satu ini membahas banyak hal tentang hukum dari bumi ini. Banyak yang tidak berminat dengan jurusan yang satu ini karena berfikir, bahwa jurusan ini sangat banyak melakukan pelajaran yang sulit untuk bisa di pelajari. Ini termasuk juga dalam mempelajari matematika, dan fisika yang memang kita tahu ini adalah pelajaran yang sulit untuk di lakukan.

6. Teknobiomedik

Di jurusan yang satu ini, anda hanya melakukan diagnosa dan analisa juga sejenisnya. Jadi, bisa di bilang jurusan ini juga tak kalah penting dengan jurusan dokter yang memang banyak di inginkan oleh banyak orang. Jika anda mengambil jurusan ini, sebenarnya anda bisa mendapat peluang kerja yang juga lumayan banyak, karena tenaga ini juga sangat di butuhkan di banyak rumah sakit yang memang memperkerjakan bagian ini.

Jurusan yang banyak di cari di dunia kerja, namun jarang di minati oleh banyak mahasiswa yang mau memilih jurusannya

Selain jurusan-jurusan tadi, ada juga jurusan lainnya yang memang sangat jarang siswa nya yang mau mengambil jurusan ini, karena berfikir tidak bisa mendapat peluang kerja yang besar. Berikut di antaranya:

10 Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Pegawai Bank

7. Teknik Pengairan

Indonesia memiliki banyak pengairan yang memang membutuhkan banyak ahli untuk bisa mempertahankan pengairan dengan baik. Yang ini juga artinya, jika bisa mengurus dengan baik air maka bisa juga memperlancar perekonomian negara dengan lebih baik lagi. Ini juga bisa menjadi hal yang penting untuk di pelajari, karena meskipun sepi peminatnya jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi peluang kerja besar ini, bisa menjanjikan masa depan yang lebih baik lagi. Karena itu, jurusan ini sebenarnya sangat di butuhkan oleh banyak orang.

8. Oseanografi

Jurusan yang satu ini memang bisa di bilang paling jarang dan sangat sepi peminatnya. Karena banyak yang tidak terlalu berminat dengan apa yang di pelajari di dalam bidang ini. Dalam jurusan ini, memang fokusnya bagaimana bisa menjaga ekosistem laut, samudra, dan banyak hal lain tentang laut. Namun justru, karena yang di pelajari adalah hal itu, maka dari itu jurusan ini sangat sepi peminatnya.

9. Fisika

Fisika ini membahas bagaimana bisa mempelajari materi-materi fisika dengan baik, dan bagaimana bisa menjadi guru fisika nantinya yang bisa membantu menjelaskan banyak teori dengan cara yang mudah, dan gampang untuk di terapkan. Ini bisa bantu kita sebenarnya untuk menjadi lebih baik, namun justru karena banyak yang tidak tahu banyak soal hukum dan cara prinsip pengajarannya, maka banyak yang akhirnya tidak lagi memilih jurusan ini. Karena itu, jurusan ini mulai sepi.

10. Ahli Perkapalan

Jurusan yang satu ini juga tak kalah menarik sebenarnya untuk kita pelajari. namun banyak yang tidak berminat dengan jurusan ini. karena berfikir bahwa jurusan ini tidak banyak peluang kerjanya. namun sebenarnya karena Indonesia memiliki jumlah kapal yang banyak karena itu, sebenarnya ini adalah jurusan yang memang bisa di jadikan sebagai jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan dengan sangat baik. Karena banyak tenaga ahli yang bisa mengatur perkapalan ini dengan lebih baik lagi.

11. Kehutanan

Ini juga termasuk dalam jurusan yang memang banyak yang membutuhkan tenaganya. Memang saat ini banyak hutan sudah tidak lagi bisa tumbuh dengan baik, namun dengan adanya banyak ahli kehutanan ini, di yakini bisa membantu permasalahan hutan di Indonesia dengan bisa menjadi lebih baik lagi. Karena itu, sangat di sayangkan sekali karena jurusan ini justru sangat sepi dan jarang ada yang berminat.

12. Teknik Planologi

Jurusan ini memang jarang kita dengar. Mungkin karena itu juga, menagapa jurusan yang satu ini tidak banyak yang berminat, juga tidak banyak yang mau masuk ke dalamnya. Padahal, sebenarnya jurusan ini mengatur perencanaan wilayah dan kota, juga mempelajari unsur-unsur yang ada di dalam kota atau wilayah tersebut. Ini memang tidak kelihatan begitu menarik untuk bisa kita pelajari, namun kita perlu tahu bahwa jurusan ini adalah jurusan yang bsia memiliki perluang pekerjaan yang besar.

Itu tadi beberapa jurusan ipa yang tidak banyak di minati, namun sebenarnya memiliki peluang pekerjaan yang sangat besar yang bisa bantu kita dalam menata dan memperbaiki masa depan dengan lebih baik lagi. Memang, setiap jurusan itu bisa menentukan bagaimana nantinya seseorang juga jenisa pekerjaannya. Namun, jika kita memilih jenis jurusan dengan lebih baik lagi, kita pasti bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan.

12 Jurusan Kuliah Ipa Yang Jarang Diminati | admin | 4.5

Leave a Reply