Aplikasi Gambar AutoCAD
Pixabay.com

Aplikasi Gambar AutoCAD untuk Desain 2D dan 3D!

Aplikasi gambar AutoCAD merupakan sebuah software dalam bentuk Computer Aided Design. Untuk Anda para mahasiswa teknik sipil atau berprofesi sebagai arsitek. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi gambar ini.

Dalam Praktik sehari-hari, aplikasi AutoCAD umumnya pengguna pakai untuk membuat desain. Baik objek 2D maupun 3D, seperti halnya desain rumah serta bangunan.

Aplikasi Gambar AutoCAD
Pixabay.com

Ketahui Apa itu Aplikasi Gambar AutoCAD hingga Cara Menggunakannya!

Aplikasi yang sengaja dihadirkan untuk menunjang keperluan desain bangunan ini mampu mempermudah dan mempercepat pekerjaan hingga tugas sekolah. Terlebih bagi para mahasiswa teknik dan orang-orang di bidang arsitektur.

Kabar baiknya, aplikasi gambar AutoCAD ada yang tersedia dalam versi gratis. Sehingga selain mudah pengoperasiannya, Anda juga tidak perlu merogoh kocek mahal untuk menggunakan aplikasi ini.

Cara Download AutoCAD Gratis untuk Kalangan Publik

Memakai aplikasi AutoCAD, Anda bisa menghasilkan desain dalam bentuk 2D maupun 3D. Tentunya dengan hasil maksimal serta lebih efektif ketimbang menggambar manual. Mari simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mendownload aplikasinya.

  1. Pertama, silahkan buka halaman website AutoDesk. Anda bisa mencari di Google penyedia layanan terkait
  2. Kemudian klik FREE TRIALS, atau langsung membuka linknya apabila tetera.
  3. Di halaman Free Trials, cari aplikasi gambar AutoCAD kemudian klik.
  4. Lanjutkan dengan memilih tombol Next.
  5. Untuk bisa mendapat izin akses free trial, Anda harus berstatus sebagai mahasiswa atau guru. Pilih saja ‘A Business User’.
  6. Jangan lupa untuk mengatur bahasa. Umumnya, pengguna memilih Bahasa Inggris.
  7. Setelah itu, Anda akan masuk ke akun Autodesk.
  8. Jika belum memiliki akun, silakan membuat terlebih dahulu dengan klik CREATE ACCOUNT.
  9. Lanjutkan dengan mengisi beberapa data untuk melengkapi proses pendaftaran.
  10. Setelah semua terisi, klik Done.
  11. Kemudian klik BEGIN DOWNLOAD untuk memulai proses unduhan.
  12. Akan muncul Your Download has Started di layar. Tutup saja notifikasinya, dan tunggu sebentar hingga proses download berhasil.

Cara Menggunakan Aplikasi Gambar AutoCAD

Selain mengetahui langkah-langkah mendownload, Anda juga perlu memahami cara menggunakan Autocad. Melalui ulasan ini, akan membahas tutorial menggunakan AutoCAD, khususnya bagi Anda yang baru terjun ke bidang desain.

Sebelum masuk ke pembahasan tutorial, ada baiknya mengenal tools yang ada di dalam aplikasi ini. Ketika pertama kali membuka aplikasinya, silahkan pilih opsi ‘Start Drawing’. Maka seluruh tampilan AutoCAD akan muncul di layar utama.

Di sana terdapat Quick Access Toolbar, yang isinya ikon-ikon untuk mendukung tindakan. Seperti opsi ‘New Project’, ‘Open’ dan ‘Save’. Kemudian ada Ribbon, berisi perintah untuk proses membuat desain.

Selain itu, terdapat Command bar. Anda bisa melakukan segala perintah, cukup dengan mengetikkan di kolom yang tersedia. Menariknya, pada bagian ini berisi langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi, serta tips-tips yang bisa Anda ikuti. Setelah tahu bagiannya, selanjutnya mulai tutorial.

1. Membuat Contoh Desain 2D

Untuk membuat desain 2D, silahkan mengaktifkan Grid Snap. Caranya cukup menekan F9, dan pilih aktifkan “Snap to Drawing Grid” tepat di bagian bawah layar. Langkah selanjutnya, silahkan ikuti uraian di bawah ini:

  1. Apabila Grid Snap sudah terbuka, lanjutkan dengan klik tanda panah kecil. Tanda tersebut berada di sebelah “Snap to Drawing Grid”.
  2. Kemudian klik “Snap Settings”.
  3. Ketika tampilannya sudah berubah, pilih “Object Snap” lalu aktifkan.
  4. Tekan tombol F3 pada keyboard, maka akan muncul pilihan snapping sudut, garis dan titik. Klik tanda panah kecil dan pilih “Tangent”.
  5. Jika Anda sudah berhasil membuat koordinat, saatnya menyelesaikan garis. Caranya dengan klik “View Cube”.
  6. Sampai di tahap ini, jangan lupa menonaktifkan Grid Snap dengan klik F9 kembali.
  7. Ketik “Line” pada Command bar.
  8. Tulis 0 untuk koordinat X.
  9. Kemudian ubah ke kolom input koordinat Y dengan cara menekan ‘tab’ di keyboard.
  10. Tekan ‘Enter’ lalu pindahkan koordinat Y dan tarik garisnya.

2. Membuat Contoh Desain 3D

Untuk proses menciptakan desain 3D di AutoCAD, Anda perlu membuat sketsa model terlebih Dulu. Misalnya, gambar bola atau bentuk kubus. Ubah pola tersebut agar tampak seperti objek 3D. Dengan cara input “visual styles” pada Command Line. Setelah terbuka jendela baru, tentukan visual sesuai selera.

Kesimpulan

Belajar menggunakan AutoCAD bagi pemula, memang sedikit sulit. Terlebih, aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup kompleks. Namun, Anda bisa berhasil jika terus mau mencoba. Kehadiran trial yang bisa Anda gunakan secara gratis ini, menjadi peluang menguntungkan untuk terus berlatih.

Sekian ulasan tentang aplikasi gambar AutoCAD yang umum penggunaannya di bidang arsitektur. Semoga bisa memberikan tambahan referensi bermanfaat untuk Anda!