8 unsur dasar dari desain grafis dan seni

Untuk menguasai desain grafis atau hal yang berkaitan dengan seni lukis dan rupa ada beberapa elemen yang harus dimiliki. Masing-masing dari elemen itu akan berkaitan satu dengan lainnya sehingga menghasilkan sebuah karya grafis atau seni yang sangat ideal. Semakin banyak elemen yang digunakan dalam sebuah karya itu juga akan memberikan pengaruh terhadap konsep dasar yang digunakan. Hal ini selalu berkaitan dengan unsur yang menjadi tola ukur dalam konversi konsep menjadi hasil karya yang diinginkan. Tentu saja seluruh bagian dari unsur dasar dari desain grafis dan seni itu harus diterapkan dengan memperhatikan banyak detail.

unsur dasar dari desain grafis dan seni

8 unsur dasar dari desain grafis dan seni hingga penjelasannya

Unsur yang digunakan dalam pembentukan sebuah karya akan dimulai dari hal yang sangat sederhana hingga kompleks. Seluruh bagian dari unsur itu juga bisa diintegrasikan secara berbeda terhadap persepsi dari bidang seni atau karya grafis. Semakin banyak detail yang akan ditampilkan dari karya itu biasanya akan melibatkan banyak unsur dasar. Berikut ini ada 8 unsur dasar dari desain grafis dan seni yang akan menjadi bagian penting dalam sebuah karya, terdiri dari:

  1. Unsur titik

Ini adalah unsur dasar dari desain grafis dan seni yang memiliki pengaruh sangat besar. Unsur titik memang menjadi bagian penting dalam sebuah karya. Bahkan, sebuah karya besar yang masuk dalam jenis grafis hingga berbagai seni akan berasal dari sebuah titik. Hal ini bisa dilihat dari pembentukan sebuah garis yang merupakan bagian dari gabungan banyak titik yang memiliki pengaturan ukuran sama. Selain itu, ada juga berbagai kolaborasi titik yang akan membentuk simbol atau keterangan gambar berbeda. Biasanya semakin banyak unsur titik yang digunakan dalam sebuah karya biasanya akan memberikan hasil berbeda. Konsep seperti ini juga melibatkan ukuran titik yang berbeda atau sama. Hal itu tergantung dari konsep utama dari karya yang akan ditampilkan.

 

  1. Unsur garis

Bagian dari unsur lain yang menjadi dasar dari sebuah karya adalah garis. Unsur ini merupakan sebuah batasan yang memiliki gambaran tentang batasan dari sebuah ruang, bidang hingga simbol tertentu. Banyak orang menganggap bahwa garis memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan dari sebuah karya. Tanpa adanya bagian dari garis maka karya itu tidak akan memiliki defenisi yang jelas. Unsur seperti ini memiliki sifat yang berbeda. Hal ini yang membuat banyak orang akan mengenal sifat horizontal, vertical, ukuran pendek, panjang, tipis, tebal dan lainnya. Karakter dari garis itu akan memiliki perhitungan sesuai bentuk, ukuran dan bagian detail yang mendukung. Bagian dari garis seperti ini juga akan memiliki karakter berbeda sesuai dengan kesepakatan dari komunitas tertentu.

 

  1. Unsur bentuk

Bagian lain dari unsur dasar dari desain grafis dan seni adalah bentuk. Unsur dasar seperti ini merupakan perpaduan dari banyak bidang dengan pola yang sama hingga membentuk objek dengan karakter 3 dimensi. Biasanya unsur bentuk seperti ini akan memiliki perhitungan volume. Ada beberapa pilihan bentuk yang harus diketahui seperti:

a. Geometris

Ini adalah unsur bentuk yang memiliki perhitungan matematis dan melibatkan nilai ukur melalui perhitungan yang telah disepakati bersama. Biasanya bentuk seperti ini akan ditemukan dalam kubus, balok, piramid dan lainnya. Perhitungan menjadi elemen penting untuk membedakan bentuk satu dengan lainnya.

b. Nongeometris

Bentuk seperti ini tidak memiliki perhitungan yang sama secara matematis. Apalagi beberapa sisi juga terlihat berbeda. Ini bisa ditemukan dari bentuk pohon, bunga dan lainnya.

 

  1. Unsur bidang

Dasar lain dari unsur yang sering menjadi bagian penting dari sebuah karya desain atau seni adalah bidang. Pada unsur dasar seperti ini akan melibatkan dua garis atau lebih sehingga membentuk bidang dengan konsep 2 dimensi. Biasanya bidang seperti ini memiliki perhitungan yang melibatkan panjang, lebar hingga luas. Beberapa contoh yang bisa ditemukan seperti pada dinding rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Unsur bidang seperti ini terbagi atas beberapa bagian seperti biomorfosis, geometris, bersudut hingga bidang yang tidak beraturan. Masing-masing dari bidang dengan karakter itu juga bisa mendapatkan perhitungan secara matematis.

 

  1. Unsur ruang

Elemen yang sangat dibutuhkan dari sebuah karya grafis atau seni juga melibatkan unsur ruang. Beberapa orang menganggap bahwa unsur dasar seperti ini bisa bersifat nyata atau hanya semu. Tentu saja karakter dari sifat itu akan dikonversi dalam bentuk yang berbeda. Sifat nyata dalam unsur ruang biasanya memiliki karakter 3 dimensi yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Untuk sifat yang semu hanya mengandalkan karakter 2 dimensi. Masing-masing dari sifat seperti itu akan memiliki hasil karya yang cukup berbeda. Untuk mendapatkan karakter seperti ini biasanya akan ditambahkan persepsi melalui warna, ketebalan garis dan lainnya.

 

  1. Unsur warna

Bagian dasar dari unsur yang memiliki pengaruh cukup besar adalah warna. Unsur dasar seperti ini merupakan bagian dari spektrum tertentu dengan melibatkan cahaya. Tentu saja unsur ini akan mempengaruhi indera penglihatan sehingga menimbulkan persepsi atau konsep baru tentang karakter dari unsur. Bahkan, unsur warna seperti ini juga akan memberikan penjelasan yang berbeda tentang keberadaan dari suatu objek yang dilihat oleh mata secara langsung. Pada bagian seni atau karya grafis, unsur ini terbagi atas 3 bagian yaitu:

  1. Warna primer yang merupakan bagian utama. Warna seperti ini terdiri dari merah, biru dan kuning. Bagian ini akan memberikan kemudahan untuk membentuk warna lainnya.
  2. Warna sekunder adalah campuran dari dua bagian warna yang berasal dari primer. Misalnya saja oranye, hijau dan lainnya.
  3. Warna tersier adalah warna yang didapat dari metode pencampuran dari warna sekunder.

 

  1. Unsur tekstur

Dasar dari unsur seperti ini bisa didapat dari berbagai karya seni lukis atau rupa. Unsur tekstur merupakan bagian dari sifat yang berada di permukaan objek dari karya. Terdapat beberapa sifat dari tekstur yang sering ditemui seperti lembut, kasar, berpori dan lainnya. Pada karya seni terdapat beberapa karakter dari tekstur yaitu:

  1. Tekstur nyata merupakan karakter dari tekstur yang bisa dirasakan secara langsung dengan meraba.
  2. Tekstur semu yaitu karakter dari tekstur yang dihasilkan dari karya ilustrasi sebuah objek. Biasanya karakter seperti ini akan terlihat tampil nyata.

7 Skema Warna dalam Kombinasi Warna

  1. Unsur terang dan gelap

Ini adalah unsur dasar yang sering digunakan banyak orang untuk menampilkan identitas sebuah objek. Unsur dasar gelap atau terang biasanya melibatkan warna hitam dan putih. Penekanan dari warna hitam akan menjadi bagian dari bayangan atau bagian gelap dari objek itu. Penggunaan unsur ini akan mempengaruhi persepsi penglihatan dari sebuah objek. Misalnya saja sebuah gambar yang memiliki bayangan atau objek dengan kedalaman tertentu.

8 unsur dasar dari desain grafis dan seni | tokogulali | 4.5

Leave a Reply