Perbedaan Warna Kromatik dan Akromatik

Assalamualaikum, jumpa lagi di blog kuliahdesain. blog yang membahas ilmu desain. kali ini saya melanjutkan untuk membahas warna khususnya “Perbedaan Warna Kromatik dan Akromatik”. secara luas, warna dibagi menjadi dua, yakni warna kromatik dan warna akromatik.

Kalau mau dilihat lebih dalam, sebenarnya istilah kromatik dan akromatik itu adalah ilmu tentang cahaya. dimana kromatik disebut kromatis adalah ketika spektrum cahaya menghasilkan warna karena sudah mencapai gelombang tertentu. sedangkan akromatik atau akromatis adalah suatu cahaya tidak sampai pada gelombang tertentu, akhirnya tidak menghasilkan warna.

perbedaan warna kromatik dan akromatik
Perbedaan Warna Kromatik dan Akromatik

Warna Kromatik

Warna Kromatik adalah warna yang memiliki rona seperti merah, kuning dan biru ,serta saturasi, yang merupakan atribut intensitas selain cahaya. dalam warna kromatik dapat ditemukan 3 elemen warna seperti hue, saturasi dan kecerahan.

Warna kromatik atau kromatis, tidak serta merta hanya merah saja. melainkan kita juga bisa memberikan nilai kecerahan dan saturasi warna didalamnya. misalkan biru cerah atau biru tua. berikut contohnya :

contoh warna kromatik terang dan gelap
Contoh warna biru cerah sampai gelap

Warna biru diatas diberikan kecerahan dengan menambahkan warna putih sedikit demi sedikit hingga terlihat sangat cerah. sedangkan dibawahnya dibuat lebih gelap dengan menambahkan warna hitam. semua itu masih dalam lingkup warna kromatik. selain hitam dan putih.

Warna Akromatik

Warna akromatik adalah warna yang memiliki kecerahan tetapi tidak memiliki rona dan saturasi. seperti warna hitam, abu-abu dan putih. bisa dikatakan warna ini adalah warna-warna netral.

Kita dapat melihat permainan warna akromatik pada televisi hitam putih atau tak berwarna. gambar tetap terlihat namun hanya permainan hitam putih saja serta abu-abu. untuk contohnya bisa lihat digambar paling atas.

Kesimpulan

Setalah semua teori diatas, maka didapatkan kesimpulan. bahwa warna Akromatik adalah warna yang tidak memiliki rona sedangkan warna kromatik adalah warna yang memiliki rona.

Baca juga artikel terkait warna lainnya :

Baiklah, semoga apa yang saya berikan dapat menambah ilmu kalian semua. terima kasih sudah berkunjung – Assalamualaikum.

Perbedaan Warna Kromatik dan Akromatik | admin | 4.5

Leave a Reply